About

Friday, March 28, 2014

Makna warna pada busi


Makna atau arti pada warna busi/spark plug pada kendaraan bensin
  • Berwarna abu abu dan kering Warna ini menandakan bahwa busi pada kendaraan anda baik, dikarenakan pembakaran yang sempurna.Pembakaran yang sempurna tersebut diwakili oleh beberapa hal yaitu, campuran bahan bakar yang ideal(tidak kaya ataupun kurus), disini kaya berarti menandakan bahan bakar lebih banyak daripada campuran ideal, contohnya adalah 11:1, 11 adalah udara yang masuk dan 1 adalah bahan bakar, dimana campuran ideal adalah 15:1, untuk itu perlu dilakukan penyetelan campuran(pada karburator) ataupun pembersihan injector pada EFI.Masih membahas pembakaran yang sempurna, yang kedua adalah kompresi yang cukup memadai, makstnya adalah tidak terlalu rendah ataupun tidak terlalu tinggi, dimana untuk motor bensin antara 9.5-12.5 kg/cm2, bila terlalu rendah mesin akan susah hidup dan bila terlalu tinggi akan berakibat knocking/detonasi, yaitu bahan bakar terbakar lebih awal karena panas yang berlebihan pada ruang bakar, dimana mesin akan bergetar.Untuk mengetes kompresi pada kendaraan anda dengan menggunakan compresion tester, cara menggunakannya akan saya bahas besok. Menyambung sebelumnya, yang ketiga adalah pengapian yang tepat dan besar/kuat, disini berarti adalah masalah dengan distributor yang terdapat platina ( kontak point ) dan kondenser, mungkin yang ini sudah tidak jaman, sekarang sudah digantikan oleh CDI(Capacitive Discharge Ignition ). 
  • Busi berwarna putih kering Warna ini menandakan mesin anda campuran bahan bakarnya terlalu kurus, sehingga busi terlalu panas.Solusinya dengan penyetelan campuran itu tadi. 
  • Busi berwarna hitam kering Menandakan mesin anda mempunyai campuran bahan bakar dan udara yang terlalu kaya. 
  • Busi berwarna hitam dan basah Masalah ini yang paling besar, ketika ini terjadi pada mesin anda, dan disana bila mesin dihidupkan keluar asap, menandakan ada oli yang masuk ke silinder dan ikut terbakar, masalah ini bisa disebabkan oleh dua hal, yang pertama karena ring oli piston anda sudah aus, dan yang kedua karena seal katup anda sudah aus, solusinya tidak lain adalah OH atau Over Houl mesin anda.Semoga sedikit ilmu saya ini dapat bermanfaat.

0 komentar: