<!-- Begin: http://adsensecamp.com/ -->
<script src="http://adsensecamp.com/show/?id=RB2UYuSn3zU%3D&cid=Jw0%2BaU5zMLg%3D&chan=gbcUD9g67qY%3D&type=4&title=3D81EE&text=000000&background=FFFFFF&border=000000&url=2BA94F" type="text/javascript">
</script>
<!-- End: http://adsensecamp.com/ -->
SERVIS
SERVIS
MOBIL
Informasi Tambahan : Oli Motor
Oli motor
mana yang sesuai ? Itu dapat ditentukan melalui spesifikasi oli yang tercatat
pada kalengnya !
Spesifikasi kekentalan ( viskositas )
Spesifikasi
ini mengikuti standar + SAE
SAE 20 ……. SAE 30 ……. SAE 50 …….
Encer ……. Sedang ……. Kental …….
Biasanya
digunakan oli SAE 40
Oli “ multigrade “
Oli
biasanya menjadi cepat encer bila suhunya naik. Pada oli “ multigrade “ ada
penambahan khusus yang menahan efek tersebut
Contoh
: Mesran super SAE 20W - 50
20W 50
Pada
temperatur Pada
temperatur tinggi,
dingin,
kekentalan kekentalan
sama seperti
seperti
oli biasa oli
biasa SAE 50
SAE
20
Pada prektek,
penggunaan oli “ multigrade “ tidak begitu bermanfaat pada suhu udara yang
merata seperti di Indonesia, “W” pada oli multigrade bermakna Winter
Spesifikasi kualitas
Spesifikasi
ini mengikuti standart API.
Motor bensin : SA,
SB ……..….SF…………..SH
tugas
ringan
|
tugas
sedang
|
tugas
berat
|
Motor Diesel : CA,
CB ……….CE
tugas ringan
tugas berat
Biasanya digunakan :
Motor bensin : SD,
SE, SF
Motor Diesel : CC,
CD
Contoh oli yang dapat memenuhi semua kebutuhan
normal : Mesran B40 ( SAE 40, API SE/CC
)
Interval ganti oli motor ( tergantung kualitas
olinya )
Contoh :
Motor
bensin : setiap 5.000 – 6.000 km
Motor
Diesel : setiap 3.500 – 4.000 km (
lebih cepat kotor )
|
0 komentar:
Post a Comment