About

Saturday, April 26, 2014

Pemeriksaan / Penggantian Termostat



MOTOR BAKAR
SISTEM PENDINGINAN
 

Pemeriksaan / Penggantian Termostat

TUJUAN PELAJARAN :
·         Memeriksa termostat yang dikeluarkan dari motor
·         Menerangkan konstruksi dan fungsi termostat jenis lilin
·         Membuang udara pada sistem pendinginan

ALAT
·         Kotak alat           
·         Set kunci sok
·         Termometer
·         Pengetes kebocoran
·         Kompor gas/listrik
·         Bak air
·         Panci air
·         Gembor
·         Skrap
BAHAN
·         Motor hidup
·         Paking rumah termometer
·         Vet           



           
WAKTU
·         Instruktur : 2 jam
·         Latihan     : 1 jam


KESELAMATAN KERJA :
Pada saat motor panas, perhatikan sewaktu membuka tutup radiator. Jika panas air pendingin diatas 1000 C, maka air pendingin mulai mendidih, jangan segera tutup tutup radiator dibuka. Akibatnya, air pendingin menyembur keluar. Untuk mencegah hal ini, buka tutup radiator dengan hati-hati, dengan cara :
a)    Tekan tutup radiator, putar ¼ putaran dengan begitu tekanan sistem pendingin berkurang. Jika motor sangat panas, pakai kain lap sebagai pelindung tangan
b)    Tunggu sampai tidak ada uap yang keluar
c)    Tekan tutup radiator dan lepaskan dengan pelan-pelan


LANGKAH KERJA :
·         Keluarkan air pendingin ke dalam bak air. Untuk ini, lepas kran pembuang pada radiator, atau slang radiator bawah
·         Lepaskan termostat. Rumah termostat biasanya diletakkan pada sambungan slang radiator atas. Juga ada motor dengan termostat di dalam sambungan slang radiator bawah
·         Periksa termostat di dalam panci air, dengan menggunakan pemanas dan termometer. Catatlah temperatur termostat mulai membuka, kemudian langkah buka pada saat air mendidih



 














·         Bersihkan dudukan paking pada rumah termostat dengan skrap atau pisau. Dudukan paking yang cekung dapat diratakan dengan kikir
·         Pasang termostat. Perhatikan : Jangan memasang termostat arah terbalik. Silinder elemen pengatur harus ke arah motor. Beri vet pada paking rumah termostat
·         Setelah mengisi air pada radiator, hidupkan motor, buang udara pada sistem pendinginan, kemudian tambah air radiator kembali
·         Periksa kebocoran pada sistem pendinginan dengan alat pengetes
·         Kebocoraan pada sistem pendinginan juga dapat diperiksa tanpa pengetes. Untuk ini, periksa kebocoran pada saat motor panas. Tutup radiator harus terpasang, maka ada tekanan dalam sistem pendinginan
·         Pemeriksaan fungsi termostat saat terpasang
·         Biasanya, termostat mulai terbuka pada 75 – 850 C, termostat terbuka penuh pada 90 – 1000 C. Kalau termostat mulai membuka pada temperatur di bawah 700 C, atau termostat tidak terpasang, hal-hal ini bisa merugikan pemakaian bahan bakar dan umur motor. Kalau termostat mulai terbuka pada temperatur diatas 900 C, atau panjang langkah kurang daari kira-kira 5 mm, air pendingin dapat mendidih saat daya motor tinggi
·         Pada saat sistem pendinginan yang baru diisi dengan air, masih ada udara di dalam yang harus dibuang, biasanya motor dapat membuang udara sendiri, pada saat termostat mulai membuka.
Sesudah pembuangan, air pendingin harus ditambah lagi. Kekecualian : mobil dengan sistem pendingin yang rumit, kadang-kadang dilengkapi dengan sekrup pembuang yang terletak pada bagian-bagian paling atas, umpanya pada rumah termostat, kepala silinder atau radiator pemanas mobil. Pada saat motor hidup, sekrup-sekrup tersebut harus terbuka sampai air keluar. Saat termostat terbuka, pembuangan udara harus diulangi lagi.




Halaman soal : Pemeriksaan/penggantian termostat

Isilah hasil pengetesan anda !

Temperatur termostat mulai membuka

Panjang langkah buka pada
Temperatur air mendidih



 
( lihat gambar ) Bagian A terletak pada :
·         Arah radiator

·         Arah motor







( lihat gambar ) Apakah arti dari angka 170 ?

170 =







Bagaimana cara membuang uadar dalam sistem pendinginan ?



a)   

 
Sistem pendinginan sederhana :










b)    Sistem pendinginan dengan sekrup-sekrup pembuang :



 
 














0 komentar: