MOTOR BAKAR
SISTEM PENDINGINAN
Pemeriksaan / Penggantian Termostat
TUJUAN
PELAJARAN :
·
Memeriksa termostat yang dikeluarkan dari motor
·
Menerangkan konstruksi dan fungsi termostat jenis
lilin
·
Membuang udara pada sistem pendinginan
ALAT
·
Kotak alat
·
Set kunci sok
·
Termometer
·
Pengetes kebocoran
·
Kompor gas/listrik
·
Bak air
·
Panci air
·
Gembor
·
Skrap
|
BAHAN
·
Motor hidup
·
Paking rumah termometer
·
Vet
|
WAKTU
·
Instruktur : 2 jam
·
Latihan :
1 jam
|
KESELAMATAN
KERJA :
Pada saat
motor panas, perhatikan sewaktu membuka tutup radiator. Jika panas air
pendingin diatas 1000 C, maka air pendingin mulai mendidih, jangan
segera tutup tutup radiator dibuka. Akibatnya, air pendingin menyembur keluar.
Untuk mencegah hal ini, buka tutup radiator dengan hati-hati, dengan cara :
a) Tekan tutup
radiator, putar ¼ putaran dengan begitu tekanan sistem pendingin berkurang.
Jika motor sangat panas, pakai kain lap sebagai pelindung tangan
b) Tunggu
sampai tidak ada uap yang keluar
c) Tekan tutup
radiator dan lepaskan dengan
pelan-pelan
LANGKAH
KERJA :
·
Keluarkan air pendingin ke dalam bak air. Untuk ini,
lepas kran pembuang pada radiator, atau slang radiator bawah
·
Lepaskan termostat. Rumah termostat biasanya
diletakkan pada sambungan slang radiator atas. Juga ada motor dengan termostat
di dalam sambungan slang radiator bawah
·
Periksa termostat di dalam panci air, dengan
menggunakan pemanas dan termometer. Catatlah temperatur termostat mulai
membuka, kemudian langkah buka pada saat air mendidih
·
Bersihkan dudukan paking pada rumah termostat dengan
skrap atau pisau. Dudukan paking yang cekung dapat diratakan dengan kikir
·
Pasang termostat. Perhatikan : Jangan memasang
termostat arah terbalik. Silinder elemen pengatur harus ke arah motor. Beri vet
pada paking rumah termostat
·
Setelah mengisi air pada radiator, hidupkan motor,
buang udara pada sistem pendinginan, kemudian tambah air radiator kembali
·
Periksa kebocoran pada sistem pendinginan dengan alat
pengetes
·
Kebocoraan pada sistem pendinginan juga dapat
diperiksa tanpa pengetes. Untuk ini, periksa kebocoran pada saat motor panas.
Tutup radiator harus terpasang, maka ada tekanan dalam sistem pendinginan
·
Pemeriksaan fungsi termostat saat terpasang
·
Biasanya, termostat mulai terbuka pada 75 – 850
C, termostat terbuka penuh pada 90 – 1000 C. Kalau termostat mulai
membuka pada temperatur di bawah 700 C, atau termostat tidak
terpasang, hal-hal ini bisa merugikan pemakaian bahan bakar dan umur motor.
Kalau termostat mulai terbuka pada temperatur diatas 900 C, atau
panjang langkah kurang daari kira-kira 5 mm, air pendingin dapat mendidih saat
daya motor tinggi
·
Pada saat sistem pendinginan yang baru diisi dengan
air, masih ada udara di dalam yang harus dibuang, biasanya motor dapat membuang
udara sendiri, pada saat termostat mulai membuka.
Sesudah
pembuangan, air pendingin harus ditambah lagi. Kekecualian : mobil dengan
sistem pendingin yang rumit, kadang-kadang dilengkapi dengan sekrup pembuang
yang terletak pada bagian-bagian paling atas, umpanya pada rumah termostat,
kepala silinder atau radiator pemanas mobil. Pada saat motor hidup,
sekrup-sekrup tersebut harus terbuka sampai air keluar. Saat termostat terbuka,
pembuangan udara harus diulangi lagi.
Halaman
soal : Pemeriksaan/penggantian termostat
Isilah
hasil pengetesan anda !
Temperatur
termostat mulai membuka
Panjang
langkah buka pada
Temperatur
air mendidih
( lihat gambar ) Bagian A terletak pada :
·
Arah radiator
·
Arah motor
(
lihat gambar ) Apakah arti dari angka 170 ?
170
=
Bagaimana
cara membuang uadar dalam sistem pendinginan ?
a)
|
b) Sistem
pendinginan dengan sekrup-sekrup pembuang :
|
0 komentar:
Post a Comment