About

Saturday, April 26, 2014

Rem cakram



CASIS
REM MOBIL
Rem Cakram
Gaya gesek didapatkan dari gesekan antara cakram (piringan) dengan pad balok rem)
Piringan cakram               berputar bersama-sama roda
Kaliper dan pad              terpasang pada aksel

Macam-macam Cakram (piringan)

Cakram penuh
-        Digunakan untuk mobil
*        Ukuran sedang
*        Kecepatan menengah
-        Pendinginan cukup
-        Harga Murah



Cakram dengan rusuk pendingin
-        Digunakan untuk mobil
*        Ukuran berat
*        Kecepatan tinggi
-        Pendinginan lebih baik
-        Harganya Mahal
-         

Macam-macam kaliper
Kaliper tetap










Kaliper terpasang mati pada aksel
Masing-masing sisi kaliper terdapat torak
Pad dipasang pada kaliper dengan dua buah pin

Cara kerja
-        Pedal rem diinjak
Tekanan cairan rem mendorong torak ke balok rem dan mencepit cakram

-        Pedal rem dilepas
Dua torak dikembalikan pada posisi semula oleh sil secara otomatis

Digunakan
Konstruksi sederhana dan murah tidak sering digunakan lagi

Kaliper luncur satu torak








Cara kerja :
-        Tekanan cairan rem dalam silinder menekan torak dan dasar silinder
-        Torak bergerak ke kiri mendorong balok rem 1 sampai kanvas menempel pada permukaan gesek cakram
-        Untuk selanjutnya tekanan hidraulis disamping menekan torak juga menekan dasar silinder              unit silinder bergerak kekanan mendorong balok rem 2 dengan arah berlawanan dengan balok rem 2
-          Balok rem  1 didorongkekiri oleh torak dan balok rem rem 2 didorong kekanan oleh  unit silinder, kearah permukaan gesek cakram
-          Gerakan kedua balok rem dengan arah berlawanan selanjutynya menjepit permukaan gesek cakram cakram                  terjadi pengereman


Kaliper luncur dua torak








Cara kerja :
-        Tekanan cairan rem dalam silinder menekan torak 1 dan torak 2
-        Torak I bergerak kekiri mendorong balok rem kearah permukaan gesek cakram
-        Torak II bergerak kekanan mendorong unit rangka luncur      balok rem 2 terdesak kearah permukaan gesek cakram pada sisi yang lainnya
-        Balok rem 1 di dorong ke kiri oleh torak 1 dan balok rem 2 di dorong kekanan oleh unit rangka luncur kearah permukaan gesek cakram
-        Gerakan ke dua balok dengan arah yang berlawanan selanjutnya menjepit permukaan gesek cakram          terjadi pengereman


Komponen rem cakram jenis kaliper luncur (Contoh : TOYOTA)





1.      Kaliper luncur
2.      Rangka tetap
3.      Balok rem
4.      Batang pengantar
5.      Bushing
6.      Tabung pengantar
7.      Baut pengantar
8.      Karet pelindung kotoran
9.      Klip

Keterangan :
-        Konstruksi paling modern dan mudah memperbaikinya
-        Mudah sekali untuk mengganti kanvas rem


Kaliper berayun
Pengertian  : Kaliper berputar pada pusat putar secara berayun bila terjadi tekanan cairan rem








Konstruksi :
-        Unit kaliper terpasang menjadi satu dengan rangka
-        Unit kaliper terpasang pada pusat putar
-        Letak kedua balok rem tidak segaris dengan sumbu torak

Cara kerja :
-        Tekanan cairan rem menekan torak dan unit silinder
-        Torak bergerak kekiri mendorong balok rem 1 kearah permukaan gesek cakram
-        Selanjutnya tekanan cairan rem juga mendesak dasar silinder             unit kaliper bergerak mengayun mendorong balok rem 2 kekanan, kearah permukaan gesek cakram
-          Gerakan kedua balok rem dengan arah berlawanan kedua permukaan gesek cakram        cakram terjepit                 terjadi pengereman



Penyetelan rem cakram

Penyetelan rem cakram terjadi secara otomatis
-        Keadaan netral (pedal rem tidak tertekan)

-        Tidak ada tekanan cairan rem
-        Torak tidak bergerak
-        Sil diam pada posisinya

-        Saat pengereman (pedal rem ditekan)










-        Tekanan cairan rem mendorong torak keluar silinder
-          Bibir sil yang bergerak dengan torak tertarik mengikuti gerakan torak hingga penumpang sil bengkok (kebengkokan penampang sil terbatas)
-          Jika celah kanvas terhadap cakram cukup besar             gerakan torak melebihi kemampuan bengkok penampang sil           torak slip tehadap sil


Saat pelepasan (pedal rem dilepas)










-        Tekanan cairan rem hilang
-        Sil menarik torak kembali pada posisi tidak mengerem
-        Jalannya piston : 0,15 - 0,25 mm

Keterangan :

Penyetelan otomatis hanya berfungsi dengan baik apabila ;
Kelonjongan cakram tidak lebih 0,1 mm
Gerakan torak dalam silinder tidak terganggu
Pada kaliper luncur gerakan luncur harus berfungsi baik



Pad (balok rem)
-        Balok rem tanpa penunjuk keausan


-        Pad dengan pennjuk keausan



Perbandingan antara rem cakram dan rem tromol
Rem Tromol
Rem Cakram







Rem Tromol
Rem Cakram
-        Gaya kerja
Memberikan kekuatan sendiri
Tidak memberi kekuatan sendiri
-        Pendinginan
Kurang
Baik
-        Temperatur kerja
Rendah
Tinggi
-        Keausan kanvas
Sedikit
Banyak
-        Cara menyetel
Manual/setengah otomatis
Otomatis
-        Waktu yang diperlukan servis
Lama
Cepat
-        Tempat yang perlu dan berat
Lebih
Kurang


-        Pada rem cakram diperlukan gaya hidraulis lebih tinggi untuk  mendapatkan tekanan rem yang sama besarnya, rem cakram menjadi lebih panas (+ 6000 C)
-        Karena pendinginan rem cakram baik, maka tidak ada fading
-        Fading sering terjadi pada rem tromol kalau panas
*        Faktor       dari kanvas rem menjadi kecil
*        Gaya rem kecil

0 komentar: