CASIS
REM
MOBIL
Rem
Cakram
Gaya
gesek didapatkan dari gesekan antara cakram (piringan) dengan pad balok rem)
Piringan cakram berputar bersama-sama roda
Kaliper dan pad terpasang pada aksel
Macam-macam
Cakram (piringan)
|
Cakram
penuh
-
Digunakan untuk mobil
*
Ukuran sedang
*
Kecepatan menengah
-
Pendinginan cukup
-
Harga Murah
|
|
Cakram
dengan rusuk pendingin
-
Digunakan untuk mobil
*
Ukuran berat
*
Kecepatan tinggi
-
Pendinginan lebih baik
-
Harganya Mahal
-
|
Macam-macam
kaliper
Kaliper
tetap
|
|
Kaliper
terpasang mati pada aksel
Masing-masing
sisi kaliper terdapat torak
Pad
dipasang pada kaliper dengan dua buah pin
Cara
kerja
-
Pedal rem diinjak
Tekanan cairan rem mendorong
torak ke balok rem dan mencepit cakram
-
Pedal rem dilepas
Dua torak dikembalikan pada posisi semula oleh sil
secara otomatis
Digunakan
Konstruksi
sederhana dan murah tidak sering digunakan lagi
Kaliper
luncur satu torak
|
Cara
kerja :
-
Tekanan cairan rem dalam silinder menekan torak dan dasar silinder
-
Torak bergerak ke kiri mendorong balok rem 1 sampai
kanvas menempel pada permukaan gesek cakram
-
Untuk selanjutnya tekanan hidraulis disamping menekan torak juga
menekan dasar silinder
unit silinder bergerak kekanan mendorong balok rem 2
dengan arah berlawanan dengan balok rem 2
-
Balok rem 1 didorongkekiri oleh
torak dan balok rem rem 2 didorong kekanan oleh unit silinder, kearah permukaan gesek
cakram
-
Gerakan kedua balok rem dengan arah berlawanan selanjutynya menjepit permukaan
gesek cakram cakram
terjadi pengereman
Kaliper luncur dua torak
|
Cara kerja :
-
Tekanan cairan rem dalam silinder menekan torak 1 dan torak 2
-
Torak I bergerak kekiri mendorong balok rem kearah
permukaan gesek cakram
-
Torak II bergerak kekanan mendorong unit rangka luncur balok rem 2 terdesak kearah
permukaan gesek cakram pada sisi yang lainnya
-
Balok rem 1 di dorong ke kiri oleh torak 1 dan balok rem 2
di dorong kekanan oleh unit rangka luncur kearah permukaan gesek cakram
-
Gerakan ke dua balok dengan arah yang berlawanan selanjutnya menjepit permukaan
gesek cakram terjadi
pengereman
Komponen rem cakram jenis kaliper luncur (Contoh :
TOYOTA)
1. Kaliper luncur
2. Rangka tetap
3. Balok rem
4. Batang pengantar
5. Bushing
|
6. Tabung pengantar
7. Baut pengantar
8. Karet pelindung kotoran
9. Klip
|
Keterangan :
-
Konstruksi paling modern dan mudah memperbaikinya
-
Mudah sekali untuk mengganti kanvas rem
Kaliper berayun
Pengertian : Kaliper berputar pada pusat putar
secara berayun bila terjadi tekanan cairan rem
|
Konstruksi :
-
Unit kaliper terpasang menjadi satu dengan rangka
-
Unit kaliper terpasang pada pusat putar
-
Letak kedua balok rem tidak segaris dengan sumbu torak
Cara kerja :
-
Tekanan cairan rem menekan torak dan unit silinder
-
Torak bergerak kekiri mendorong balok rem 1 kearah permukaan
gesek cakram
-
Selanjutnya tekanan cairan rem juga mendesak dasar silinder unit kaliper bergerak mengayun
mendorong balok rem 2 kekanan, kearah permukaan gesek cakram
-
Gerakan kedua balok rem dengan arah berlawanan kedua permukaan
gesek cakram cakram terjepit terjadi pengereman
Penyetelan rem cakram
Penyetelan rem cakram terjadi secara otomatis
-
Keadaan netral (pedal rem tidak tertekan)
|
-
Tidak ada tekanan cairan rem
-
Torak tidak bergerak
-
Sil diam pada posisinya
|
-
Saat pengereman (pedal rem ditekan)
|
|
-
Tekanan cairan rem mendorong torak keluar silinder
-
Bibir sil yang bergerak dengan torak tertarik mengikuti gerakan
torak hingga penumpang sil bengkok (kebengkokan penampang sil terbatas)
-
Jika celah kanvas terhadap cakram cukup besar gerakan torak melebihi
kemampuan bengkok penampang sil
torak slip tehadap sil
Saat pelepasan (pedal rem dilepas)
|
|
-
Tekanan cairan rem hilang
-
Sil menarik torak kembali pada posisi tidak mengerem
-
Jalannya piston : 0,15 - 0,25 mm
Keterangan :
Penyetelan otomatis hanya berfungsi dengan baik
apabila ;
Kelonjongan cakram tidak lebih 0,1 mm
Gerakan torak dalam silinder tidak terganggu
Pada kaliper luncur gerakan luncur harus berfungsi
baik
Pad (balok rem)
-
Balok rem tanpa penunjuk keausan
-
Pad dengan pennjuk keausan
Perbandingan antara rem cakram dan rem tromol
Rem Tromol
|
Rem Cakram
|
|
Rem Tromol
|
Rem Cakram
|
-
Gaya kerja
|
Memberikan
kekuatan sendiri
|
Tidak memberi kekuatan sendiri
|
-
Pendinginan
|
Kurang
|
Baik
|
-
Temperatur kerja
|
Rendah
|
Tinggi
|
-
Keausan kanvas
|
Sedikit
|
Banyak
|
-
Cara menyetel
|
Manual/setengah
otomatis
|
Otomatis
|
-
Waktu yang diperlukan servis
|
Lama
|
Cepat
|
-
Tempat yang perlu dan berat
|
Lebih
|
Kurang
|
-
Pada rem cakram diperlukan gaya hidraulis lebih tinggi untuk mendapatkan tekanan rem yang sama besarnya,
rem cakram menjadi lebih panas (+ 6000 C)
-
Karena pendinginan rem cakram baik, maka tidak ada fading
-
Fading sering terjadi pada rem tromol kalau panas
*
Faktor dari kanvas rem
menjadi kecil
*
Gaya rem kecil
0 komentar:
Post a Comment