C A S I S
REM MOBIL
Pendahuluan
Rem
merupakan bagian kendaraan yang sangat penting dalam mendukung aspek keamanan
berkendaraan, maka rem harus :
-
Dapat menghentikan kendaraan secepat mungkin
-
Dapat
melaksanakan pengereman sesuai kehendak sopir
Fungsi Rem
:
Rem kaki :
|
-
Untuk mengurangi kecepatan sampai menghentikan
jalannya kendaraan
-
Rem kaki harus berfungsi untuk semua roda
|
Rem tangan :
|
-
Untuk memacetkan putaran roda (misal pada saat
parkir)
-
Berfungsi juga sebagai rem cadangan (misal dalam
perjalanan rem kaki tidak berfungsi)
|
Macam-macam Rem
1.
Rem Tromol
-
Nama komponen rem tromol
1. Tromol
2. Silinder roda
3. Pegas penahan sepatu rem
4. Penyetel rem
5. Sepatu rem
6. Kanvas rem
7. Pegas pengembali
-
Cara kerja rem tromol
|
Tidak bekerja
Tidak ada tekanan hidraulis, ® torak silinder roda tidak
tertekan ® idak terjadi pengereman
|
|
Bekerja
Tekanan hidraulis menekan torak silinder roda ®
kanvas menekan tromol
|
2.
Rem Cakram
-
Nama komponen rem cakram
1.
Nipel pembuang udara
2.
Kaliper
3.
Torak kaliper
4.
Sil
5.
Balok rem
6.
Penyangga balok rem
7.
Pegas penahan getar
8.
Piringan cakram
-
Cara kerja rem cakram
|
Tidak Bekerja
Tekanan
hidraulis tidak ada ® torak
tidak tertekan ® balok
rem (pad) tidak menekan piringan ® tidak
terjadi pengereman
|
|
Bekerja
Tekanan
hidraulis menekan torak,®
balok rem®
piringan terjadi pengereman
|
3.
Rem Tangan
Ada
dua cara untie melaksanakan pengereman :
-
Pengereman pada roda
1. Tongkat
2. Batang tarik
3. Penyetel
4. Pengimbang
5. Kabel
Tongkat
rem tangan ditarik dan gaya tarik diteruskan ke tuas penghubung ® penyeimbang ® kawat rem ® sepatu rem ® Roda blokir macet (terjadi
pengereman)
-
Pengereman pada poros
propller
|
*
Unit rem tangan
Dipasang diantara trans-misi dengan poros pro-peller
|
||||
|
1.
Tongkat rem tangan
2.
Kanvas rem
3.
Tromol
4.
Mur Penyetel
|
Tongkat rem
tangan ditarik dan gaya tarik diteruskan ke ® tuas rem ® kanvas rem ® tromol terjepit ® propller blokir ® Putaran roda tertahan propeller ® terjadi pengereman.
0 komentar:
Post a Comment